Powered By Blogger

Rabu, 31 Oktober 2012

TANDA-TANDA DATANGNYA HARI QIYAMAT
Oleh: salimatin fikriyah*

                
     Qiamat merupakan hari yang paling di takuti oleh seluruh umat manusia di dunia.namun sebagian ada                
 Umat manusia yang menganggap bahwa qiyamat itu tidak ada.
                    Namun allah sudah menentukan bahwa hari qiyamat itu akan terjadi.allah telah berkehendak, bahwa   sebelum hari kiamat akan terjadi peristiwa- peristiwa yang harus kita waspadai.
  *peristiwa yang menunjukkan dekatnya datangnya hari kiamat ada 2 yaitu:
   
 1.Qiyamat shughra: di tandai dengan pecahnya bulan pada zaman nabi muhammad saw masih hidup.di zaman ter-
    sebut, banyak orang saling men fitnah antar saudara. Dan jarang sekali orang ingat pada perintah allah.banyak
    orang yang bercerai dll.
 2.Qiyamat kubra: pada tanda-tanda ini seluruh dunia akan mengalami 10 peristiwa/ perkara yaitu:
 a. keluarnya dajjal
 b.munculnya imam mahdi.
 c.turunnya nabi isa.
 d.keluarnya ya’juj ma’juj
 e.matahari akan terbit dari barat
 f.keluarnya dabbah
 g.menyebarnya asap
 h. hilangnya al-qur’an
 i. rusaknya ka’bah
 j.keluarnya angin halus
 hingga keluarnya api dan di susul dengan rusaknya segala ciptaan Allah SWT.

 A.dajjal.
lahir pada zaman nabi muhammad saw.
      Dari bangsa arab di panggilnya ibnu shayyad / ibnu shaid,sedangkan dalam hadits nabawi di panggil dengan sebutan    dajjal , yang artinya seorang pembohong. Dajjal lahir dengan ukuran yang tidak wajar, tidak seperti bayi yang lahir pada umumnya. Rambut dajjal kaku menyerupai sapu lidi. Salah satu dari matanya polos, di antara kedua matanya terdapat tulisan (kafir) dalam bahasa arab dan di bawahnya terdapat tulisan yang artinya:beruntung orang yang mengingkari dajjal dan celaka pada orang yang taat pada dajjal. Dan sampai sekarang dajjal masih hidup hingga datangnya hari qiyamat,umur dajjal kurang lebih 1300 th.
      Saat itu nanti dajjal akan keluar dari khurasan, yaitu salah satu kota yang terdapat di iran. Pada waktu dajjal terlepas dari rantai besar yang mengikat tubuhnya, tinggi dajjal hanya 10 dzira’ (kira-kira 10 m). dia akan bertingkah laku layaknya seorang yang sholeh,lama kelamaan dia akan mengaku menjadi nabi sampai akhirnya jika dajjal sudah berjalan sampai khallah yaitu jalan antara iraq dan syam, dia menggembar-ngemborkan bahwa dirinya adalah tuhan yang bisa menghidupkan dan mematikan seluruh makhluk hidup di dunia. Saat dajjal mengaku bahwa dirinyaq adalah tuhan saat itu juga tubuh dajjal menjadi lebih sangat besar, bahkan lautan yang dalam sekalipun hanya sebatas pinggangnya saja.
      Dajjal akan menjelajah selama 40 hari, dan 40 hari tersebut sama dengan 14 bulan lebih 14 hari dan selama itu pula orang muslim muslimat masih berkewajiban menjalankan sholat lima waktu dalam sehari.


 B. munculnya imam mahdi.
            Ketika dajjal sedang menfitnah semua manusia, pada saat itu terdengar suara tanpa rupa yang bisa di dengar oleh seluruh manusia di dunia, yang mengatakan bahwa imam mahdi sudah berada di kota mekkah. Dan orang-orang berdesak-desakan ingin menyaksikan wujud dari imam mahdi yang muncul dari alam ghaib.
             Seluruh dunia menjadi makmur dan tentram ketika datangnya imam mahdi di bumi. Imam mahdi berada di bumi dengan mengikuti syari’atnya nabi muhammad SAW dan imam mahdi memerintah di bumi tidak lebih dari 10 tahun.

                    
 C. turunnya nabi isa as                                                                                                                                                                                                                                                                            ....          Nabi isa turun ke bumi dan sampai pada menara putih yang berada di timur kota damaskus. Dan imam mahdi bertemu dengan nabi isa di masjid jami’ bani umayyah yang berada di kota damaskus.
              Nabi isa di turunkan ke bumi untuk memerangi dajjal dan untuk melaksanakan perang sabil seperti yang di lakukan imam mahdi yang membantu nabi isa pada waktu itu adalah para malaikat dan 4 jin islam.
              Di zaman nabi isa nanti sama saja dengan zaman imam mahdi, Tidak ada agama kecuali islam. Dan tidak ada yang di sembah kecuali ALLAH SWT.  Meninggal orang yang berperilaku tidak baik, berhenti banyaknya fitnah, tidak ada marabahaya, tidak ada pelacur, tidak ada riba, tidak ada orang yang berperilaku slenge’an, semua orang merasa senang dan damai, ada di laut dan daratan orang-orang suka pari, tidak ada orang miskin, tidak ada zakat, tidak ada orang yang minum miras.
              Di zaman nabi isa nanti, ahli langit ahli bumi, ikan laut dan hewan buruan, semuanya akan ridho dengan perintahnya nabi isa. Burung wulung tidak mau memakan mangsanya. Macan bisa berkumpul dengan kambing. Dan kejadian anih lainnya.dan cahaya islam bergemilang, berkobar-kobar di seluruh dunia. Angin shoba bilir. Suasananya sejuk tentram. Mengungguli zaman katirtan. Sampai ada orang melihat mayyit berbicara,”kalau memang kalian itu hidup lagi akan merasakan senangnya hidup ada di zaman yang kita alami ini”. Seperti tadi sampai 40 tahun.

D. keluarnya ya’juj ma’juj
            
           ya’juj ma’juj adalah seorang manusia asal dari turki, anak dari sanaf  bin yafits bin nuh as.
           Sifat ya’juj ma’juj itu ada 3 macam: ada yang seperti lebah yang tingginya 120 hasta, ada lagi yang kupingnya sangat besar, kalau tidur kuping yang satu di gunakan untuk selimut dan yang satunya lagi di gunakan untuk alas tempat tidur.ada lagi yang tingginya kurang lebih hanya satu jengkal. Jumlah dari ya’juj ma’juj itu lebih banyak dari manusia.
           Dari sekian banyak ya’juj ma’juj itu, tidak ada satupun yang beriman kepada ALLAH SWT. Pekerjaannya hanya merusak, tidak ada tempat yang di anggap luas. Dan ya’juj ma’juj tidak akan mati sebelum mempunyai anak sebanyak 1000. dan kalau ada yang mati bangkainya tidak di kuburkan. Ya’juj ma’juj sering dan suka meminum air bengawan sakihun dan bengawan jakihun dan telaga thobariyyah. Dalam satu hari ya’juj ma’juj bisa menghabiskan nya. Manusia juga banyak yang meninggal sebab terkena jemparingnya/ kelakuannya ya’juj ma’juj.
           Ya’juj ma’juj tidak akan mengajak manusia ke jalan yang salah, namun pekerjaannya di bumi adalah merusak seluru isi yang ada di bumi. Tetapi ada 4 tempat yang tidak bisa di masuki oleh ya’juj ma’juj yaitu:makkah, baitiul muqoddas, madinah dan gunung tur. 4 tempat tersebut telah di jaga oleh malaikat sehingga ya’juj ma’juj tidak bisa memasukinya.
           Dan nanti, ya’juj ma’juj mati berkat do’a nabi isa, lalu allah menurunkan ulat-ult untuk menggerogoti leher ya’juj ma’juj.
           Pada pendapat muayat lain mengatakan bahwa ya’juj ma’juj mati karena diterpa oleh angin puyuh yang membinasahkan/mematikan ya’juj ma’juj yang jumlahnya sangat banyak itu, hanya dalam kurung waktu 1 jam.dan tidak ada satupun ya’juj ma’juj yang tersisa.
           Dan sampai sekarang ya’juj ma’juj masih bertempat di dalam jurang yang tingginya 150 hasta. Yang di apit oleh gununng amlas dan gunung munqotik.
          
 E.terbitnya matahari dari barat dan tertutupnya pintu surga

          Sepeninggalnya nabi isa as dunia menjadi gelap gulita kira-kira selama satu hari dua malam matahari tidak muncul. Yang melihat pertama kali adalah orang yang ahli tahajjud. Pada saat itu seluruh manusia menangis dan bingung juga mengungsi di masjid, karena pada saat itu manusia sudah tau bahwa dunia akan qiyamat.
          Pada saat itu matahari dan bulan berkumpul dalam 1 tempat di bawah arsy dan bersujud kepada allah swt. Setelah keduanya selesai bersujud kepada allah, lalu keluar secara bersama- sama dari sebelah barat dan  bersamaan dengan itu terdengar suara tanpa rupa dari langit dengan bahasa arab yang artinya:ingatlah sesungguhnya matahari telah terbit dari barat.
          Sekiranya matahari sudah berjalan sampai tengah(masuknya waktu dzuhur) kemudian kembali lagi ke arah barat dan masuk ke pintu taubat, saat itu juga pintu taubat telah tertutup. Tertutupnya pintu taubat tersebut pada waktu maghrib.



          






 F. keluarnya dabbah

          Dabbah adalah hewan yang juga di sebut dalam bahasa arab sahab. Berkaki empat. Mempunyai dua sayap dan dua bulu iga. Wajah nya seperti manusia, kepalanya seperti kepala sapi, matanya seperti mata babi, telinganya seperti telinga gajah, dadanya seperti macan dalam bahasa jawa(macan kimbong), badannya kalau berjalan pelan-pelan seperti macan tutul. Dabbah membawa tongkatnya nabi musa as dan memakai cincinnya nabi sulaiman as. Tingginya dabbah 60 hasta.bisa bicara seperti manusia, dan orang yang berlari akan di cekal oleh dabbah dan pasti jatuh.
           Tugas dabbah yaitu memberi cap pada wajah manusia. Yang mu’min di cap mu’min, pada saat itu juga wajahnya akan bersinar. Dan yang kafir di cap kafir dan pada saat itu juga wajahnya berubah menjadi gelap. Cap tersebut tidak bisa hilang sampai datangnya hari qiyamat. Dabbah keluar dari jurang tihamah dekat dengan pal hijau dua.di saat itu juga bumi akan membelah menjadi dua/ retak.

 G. menyebarnya asap/ mubaling beluk.

           Beluk bisa disebut juga duhon. Keluarnya asap yaitu setelah keluarnya dabbah. Kejadian ini termasuk setengah dari alamat kubro. Asap tadi keluar dari hidung, mata, kuping dan duburnya orang kafir.
           Keluarnya asap tersebut akan berlangsung selama 40 hari.

 H. hilangnya al-qur’an

            Di hari hilangnya al qur’an besok, kitab al-qur’an yang berjumlah 30 juz hanya tinggal wujud kertas halus tanpa ada tulisannya. Dan orang-orang yang tadinya hafal al-qur’an dan juga ahli tulis al-qur’an dan juga orang-orang yang suka membaca al-qur’an semuanya akan lupa bacaan –bacaan dari ayat al-qur’an.

 I. rusaknya ka’bah
  
             Suatu hari nanti ka’bah akan di rusak / di rubuhkan oleh bangsa khabsy(ethiopia).
             Wajib di ingat-ingat:jika sewaktu-waktu ka’bah sudah di rusak oleh bangsa khabsy(ethiopia), maka orang mu’min wajib sholat menghadap bekas bangunan ka’bah. Dan wajib thowaf di sekelilig bekas bangunan ka’bah.

 J. keluarnya angin halus

             Di sebutkan dalam bahasa arab (hamis nashoikhuddiniyyah):dalam bahasa arab di sebut(rikhu baridah) yang artinya:angin yang dingin /hawa yang dingin. Ada lagi bangsa arab yang menyebutkan(rikhutthoyyibah)yang artinya:angin halus/ angin seribit, ada lagi yang mengartikan:bau yang sangat harum.
             Telah disebutkan dari kata-kata di atas , maka besok ketika ada angin halus akan di sertai juga dengan bau yang sangat harum.
             Ketika ada angin halus dan bau yang harum maka orang-orang mu’min baik laki-laki maupun perempuan dan walaupun di apit oleh gunungpun semua akan mati karena menghirup angin halus tersebut.

 *Demikian tadi sekilas cerita tentang tanda-tanda datangnya hari qiyamat, semoga kita tetap pada perlindungannya dan ridhonya, dan semoga kelak jika kita meninggak dalam keadaan khusnul khotimah. Amin ………..*  
     
          



                              sekian
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar